Sabtu, 08 Juni 2013

Merubah Ukuran Pas Foto Dengan Photosop

Pas Photo sering digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan, pembuatan ktp, lampiran form pendaftaran dan lain-lain. Dewasa ini semakin lama semakin dibutuhkan dalam kehidupan manusia, bisanya kita menggunakan jasa Editing Foto yang sepengetahuan penulis cukup mengeluarkan cost yang lumayan, akan tetapi pernahkah kita terpikirkan untuk membuat Pas Photo sendiri. Nah pada artikel kali ini penulis akan memberikan terik bagaimana mengedit ukuran foto dan mencetaknya melalui program Adobe Photosop. Iseng-iseng untuk menambah wawasan kita ataupun untuk menambah kemampuan kita di bidang design dan ilmu computer.


Yang pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan Cropping pada foto yang ingin kita edit, dengan menggunakan fasilitas ini foto akan terpotong sesuai dengan ukuran yang kita inginkan, berikut langkah-langkahnya:

1. Misalkan disini kita akan mencetak foto ukuran 4 X 6.
2. Buka aplikasi Photosop dan buka file photo yang akan diedit dengan menu open di menu File atau tekan Ctrl + O.
3. Pilih icon Crop pada kotak Tools disebelah kiri layar.
4. Masukkan angka 4 pada width dan 6 pada height.
 5. Klik pada pojok kiri atas gambar lalu geser sampai pada kanan bawah gambar.

6. Geser ke tengah daerah yang sudah terseleksi berikut sampai menjadi proporsional. Tekan Enter, photo akan secara otomatis menjadi sesuai ukuran yang kita inginkan.

Selanjutnya adalah proses untuk mencetak dokumen melalui Aplikasi Photosop, seperti yang kita tahu kebanyakan kertas foto atau kertas Glossy menggunakan ukuran A4 untuk kita kita harus membuat file baru dengan ukuran A4 caranya sebagai berikut :
1. Pilih File – New lalu pilih Opsi A4 pada pilihan Preset.

2. Klik OK,
3. Geser foto yang sudah kita edit tadi ke halaman kertas A4 yang sudah kita buat caranya pertama-tama klik dulu menu restore agar tampilan layar Photosop menjadi 2 layar.
4. Copy layer foto yang sudah kita edit atau crop tadi lalu pastekan pada layer A4 yang sudah kita buat.
Hasil akhir akan seperti gambar berikut :

Sangat mudah sekali bukan dalam mencetak foto dengan menggunakan Photoshop sekaligus.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar